Jumat, 03 Maret 2017

SITUS (2)

3. FUNGSI SITUS

Agar desain sebuah situs benar-benar sesuai dengan fungsi situs tersebut, sebaiknya seorang desainer web mengetahui beberapa fungsi situs. Secara umum situs mempunyai fungsi sebagai berikut:
a. Fungsi komunikasi. Situs yang memiliki fungsi ini pada umumnya adalah situs web dinamis. Beberapa fasilitas yang mempunyai fungsi komunikasi, seperti : web mail,  form contact, chating, forum dan lain-lain.
b. Fungsi informasi. Situs yang memiliki fungsi informasi lebih menekankan pada kualitas bagian kontennya karena tujuan situs adalah menyampaikan isinya. Website yang memiliki fasilitas yang memberikan fungsi informasi seperti: News, Profile company, Library, referensi, dan lain-lain.
c. Fungsi Entertainment. Beberapa contoh website dengan fungsi ini misalnya web-web yang menyediakan Game Online, Music Online, Movie Online, dan lain-lain.
d. Fungsi Transaksi. Sebuah website dapat dijadikan sebagai sarana untuk melakukan transaksi bisnis antara lain: Online order, pembayaran menggunakan kartu kredit dan lain-lain.

4. KATEGORI SITUS

Dalam internet terdapat berbagai macam model situs yang gunanya untuk memudahkan dalam identifikasi situs. Situs dapat dikelompokkan menjadi dua kategori yaitu:
a. Kategori website berdasarkan bidang operasionalnya. Website berdasarkan bidang operasionalnya: website bidang pendidikan, website bisnis, website sosial, website entertainment, website iklan dan lain-lain.
b. Kategori website berdasarkan bentuknya.  Ada beberapa macam bentuk website, seperti: (1) Profile, (2) Online, (3) Reference/library, (4) Utility (dictionary, search engine, dan lain-lain), dan (5) Portal (multi services).

5. KRITERIA SITUS YANG BAIK

a. Usability
    Usability merupakan pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi atau situs web sampai pengguna dapat mengoperasikannya dengan mudah dan cepat. Untuk mencapai tingkat usability yang ideal, sebuah situs harus memenuhi 5 syarat berikut:
• Mudah untuk dipelajari. Dengan meletakkan isi yang paling penting pada bagian atas halaman agar pengunjung dapat menemukannya dengan cepat.
• Efisien dalam penggunaan. Dengan menyediakan link seperlunya saja agar pengunjung dapat mencapai informasi yang diperlukan dengan cepat dan mudah.
• Mudah untuk diingat. Dengan tidak banyak melakukan perubahan yang mencolok pada situs, khususnya pada navigasi.
• Tingkat kesalahan rendah. Dengan menghindari link yang tidak berfungsi (broken link) atau halaman masih dalam proses pembuatan (under construction).
• Kepuasan pengguna. Hal ini wajib diperhatikan karena berhubungan dengan kelangsungan situs web.  Oleh karena itu sebuah website seharusnya mudah  digunakan oleh user. Dalam artian user harus dapat menemukan apa yang mereka cari, mendownloadnya dengan cepat, mengetahui kapan mereka selesai, dan dapat dengan mudah memberitahukan site atau konten yang mereka temukan kepada user lainnya. Dan ini merupakan promosi bagi situs tersebut.

b. Sistem navigasi (struktur)
    Aspek navigasi berkaitan dengan cara atau mekanisme perpindahan dari satu situs ke situs yang lain (menu system) di dalam sebuah sistem website. Kemudahan bernavigasi dalam situs web melibatkan sistem navigasi situs web secara keseluruhan dan desain interface situs web tersebut. Navigasi membantu user menemukan jalan yang mudah ketika menjelajahi situs web untuk dapat menemukan apa yang mereka butuhkan dengan cepat. Navigasi dapat ditampilkan dalam berbagai media seperti teks, image atau animasi. Syarat navigasi yang baik:
  Mudah dipelajari
  Konsisten
  Memungkinkan feedback
  Muncul dalam konteks
  Memberikan alternatif lain
  Memerlukan perhitungan waktu dan tindakan
  Menyediakan pesan visual yang jelas
  Menggunakan label yang jelas dan mudah dipahami
  Mendukung tujuan dan perilaku user.

Beberapa saran untuk membuat navigasi yang baik:
  Rencanakan dengan benar.
  Kelompokkan link navigasi dan atur seperlunya.
  Membuat tampilan navigasi yang berbeda dari tampilan lainnya.
  Navigasi yang singkat, tepat dan jelas.
  Navigasi yang memungkinkan user feedback.
  Bila diperlukan buatlah breadcrumb untuk memudahkan pengunjung menjelajahi situs dengan cepat dan mengetahui lokasi serta kedalaman kunjungan mereka pada situs.
  Tidak ada navigasi yang non fungsional (broken link, baik internal maupun eksternal) dan navigasi yang belum ada isinya.
  Jaga konsistensi. Posisi daerah navigasi harus tetap dan struktur navigasi harus konsisten dengan struktur isi, yang diurutkan berdasarkan logika pengunjung. Seperti penempatan yang sama pada setiap halaman, warna yang sama dan mudah untuk dilihat.

c. Graphic Design (Desain Visual)
    Desain yang baik sekurang-kurangnya memiliki komposisi warna yang baik dan konsisten, layout grafik yang konsisten, teks yang mudah dibaca, penggunaan grafik yang memperkuat isi teks, penggunaan animasi pada tempat yang tepat, isi animasi yang memperkuat isi teks, dan secara keseluruhan membentuk suatu pola yang harmonis. Beberapa saran untuk membuat desain visual yang baik:
  Desain visual harus menciptakan kejelasan kegunaan, sesuai dengan tujuan situs, dan desainnya harus mampu mengomunikasikan, mendukung dan menyempurnakan situs tersebut secara visual.
  Berkesan profesional dan orisinal.
  Keep it clean and simpel. Jaga agar situs web tetap bersih dan sederhana dengan  menggunakan grafik secukupnya.
  Jaga agar grafik berukuran kecil dan gunakan fasilitas optimize pada program pengolah grafik.
  Menggunakan format yang tepat. Seperti format JPEG dan PNG 24 bit digunakan untuk foto, format GIF dan PNG 8 bit digunakan untuk image berwarna sederhana.

d. Contents
    Konten atau  isi adalah  ruh utama sebuah situs, karena itu haruslah menarik, relevan, dan sesuai untuk target audien situs yang dituju.  Situs web sebaiknya memiliki arsip dari konten data-data lama. Untuk objektivitas dan ketepatan informasi yang terdapat pada konten, lebih baik bila konten tersebut merupakan hasil kompilasi data dan diperkuat dengan pendapat pihak-pihak berwenang. Miliki data-data atau penjelasan pendukung. Sertakan juga daftar referensi dari sumber yang berwenang.  Bila konten berbentuk multimedia, usahakan berhubungan dengan isi situs web. Streaming bersama isi situs web. Sinkronkan antara audio dan visual. Jika perlu aksesnya dikelompokkan pada halaman tertentu dan diberikan informasi mengenai besar file dan total waktu pemutarannya. Beberapa saran untuk membuat konten yang baik:
• Mengenali audien. Menulis dengan gaya mereka dan sesuaikan dengan isinya.
• Selalu up-to-date.
• Menyatakan kebijakan dengan jelas.
• Kualitas di atas kuantitas.
• Membuat tulisan pada halaman web agar mudah dan cepat dalam proses scanning.

e. Compatibility
    Situs web harus kompatibel dengan berbagai perangkat tampilannya (browser), harus memberikan alternatif bagi browser yang tidak dapat melihat situs tersebut. Beberapa saran untuk meningkatkan kompatibilitas:
  Uji di berbagai browser. Dengan pertimbangan bahwa browser yang dipakai user bisa berbeda, versi berbeda, atau setting berbeda, dan lain-lain.
  Pastikan situs web bekerja paling tidak di platform PC.
  Bila memungkinkan, tawarkan pilihan tampilan situs, baik halaman web yang   pelan (versi grafis atau animasi) atau cepat (versi HTML).
  Bila menggunakan plug in, pastikan pengunjung dapat dengan mudah mendownload (mengunduh)nya.

f. Loading time
    Bila sebuah situs web dapat tampil lebih cepat, kemungkinan besar user akan kembali mengunjungi situs tersebut, apalagi bila ditunjang dengan konten dan tampilan yang menarik. Beberapa saran untuk meningkatkan loading time:
  Menguji dalam berbagai kecepatan koneksi.
  Bila menggunakan grafik, jagalah grafik agar berukuran kecil dan gunakan fasilitas optimize pada program pengolah grafik.
  Melakukan slicing pada image secara efektif.
  Menggunakan atribut pada image.
  Melakukan manajemen tabel yang baik.
  Menggunakan animasi dan suara seefektif mungkin.

g. Functionality
    Fungsionalitas ini menyangkut beragam fasilitas dan kemudahan yang tersedia di situs web. Seberapa baik sebuah situs web bekerja dari aspek teknologinya, hal ini bisa melibatkan programmer dengan scriptnya, misalnya HTML, (DHTML), PHP, ASP, COLDFUSION, CGI, SSI, dan lain-lain.

h. Accesibility
    Halaman web harus dapat digunakan oleh setiap orang, tanpa memandang usia dan keadaan fisiknya.  Hambatan infrastruktur juga harus diperhatikan, seperti akses internet yang lambat, spesifikasi komputer, penggunaan browser, dan lain-lain, yang dapat mempengaruhi akses seseorang, termasuk berbagai teknologi baru seperti PDA dan ponsel. Web juga harus dapat diakses melalui teknologi tersebut.

g. Interactivity
Interaktivitas adalah hal-hal yang melibatkan pengguna situs web sebagai user experience dengan situs web itu sendiri. Dasar dari interaktivitas adalah hyperlinks (link) dan mekanisme feed back. Hyperlinks digunakan untuk membawa pengunjung ke sumber berita, topik lebih lanjut, topik terkait, atau lainnya. Seperti link yang berbunyi More info about this, glossary, related links. Untuk mekanisme feed back, contohnya seperti kritik, komentar, pertanyaan, polling/survey. Keuntungan dari adanya mekanisme feedback adalah user dapat memberitahu pengelola bila ada kesalahan pada situs seperti missing link, dead link, atau kesalahan lainnya. User juga dapat memberikan kritik/saran demi kemajuan situs.

PEMANFAATAN SITUS SEBAGAI SUMBER INFORMASI
Situs merupakan suatu layanan yang banyak memuat informasi yang dapat membantu pengguna dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka. Biasanya informasi yang diperoleh dari hasil penelusuran dapat diunduh (download), dicetak (print) atau hanya dibaca di monitor. Pada dasarnya pengguna dapat secara bebas memperlakukan informasi yang di dapatnya melalui penelusuran dari internet.

Frekuensi Pemanfaatan Situs
Setiap pengguna situs memiliki frekuensi kunjungan dalam memanfaatkan fasilitas situs yang berbeda. Hal ini tergantung pada kebutuhan mereka akan informasi dan lainnya, sebab setiap orang memiliki waktu dan kesempatan yang berbeda pula. Oleh sebab itu frekuensi pemanfaatan merupakan salah satu indikator untuk mengetahui bagaimana pengguna situs memanfaatkan fasilitas situs.  Adapun frekuensi pemanfaatan situs biasanya dipengaruhi oleh ketersediaan dan kelengkapan informasi pada sebuah situs, kebutuhan informasi, waktu dan lain sebagainya.

Tujuan Pemanfaatan Situs
Pada umumnya tujuan pengguna menggunakan sebuah situs dapat beragam, selain untuk mendukung studi bagi mahasiswa sebagai pemenuhan tugas kuliah, tugas praktikum dan bahan referensi tergantung ada atau tidaknya kaitan isi situs yang diakses dengan tugas kuliah, tugas praktikum, dan materi perkuliahan, juga dapat digunakan untuk tujuan lainnya seperti refreshing, menambah wawasan, penelitian dan sebagainya.

references: berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar