Senin, 29 September 2014

45 MANFAAT MINUM AIR PUTIH

(Lebih Dari Sekadar Menyegarkan Tubuh)

Kabar baik bagi anda penggemar minum air putih, karena gemar minum air putih banyak membawa banyak manfaat bagi tubuh kita. Air (putih) adalah minuman yang dapat menyembuhkan hampir semua masalah kesehatan anda. Ini dikarenakan air adalah cairan yang mudah diserap oleh tubuh. Itu sebabnya minum air pada saat perut kosong dapat memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh anda secara keseluruhan.

Dalam memenuhi kebutuhan akan air bagi tubuh kita, pemilihan asupan air yang baik, dapat diterima tubuh dan tidak beresiko pada kesehatan adalah air putih. Walau demikian air putih yang diminum pun harus memenuhi aspek kesehatan, umumnya air terdiri dari H2O, tetapi tubuh juga membutuhkan air yang mengandung mineral (Nantrium, Kalium,  Klor) agar otot dapat bergerak. Berapa pun air yang terbuang, harus segera diisi kembali.
Minum adalah salah satu kebutuhan paling vital bagi manusia. Tubuh kita terdiri dari 90% mengandung air. Fungsi air dalam tubuh adalah untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, mengeluarkan sisa metabolisme dan mempertahankan suhu tubuh. Itulah mengapa manusia dapat lebih bertahan hidup jika tidak ada asupan makanan tetapi tidak apabila kekurangan air.

Semua bagian tubuh manusia sangat membutuhkan asupan cairan contohnya kulit, jantung hingga otak. Meskipun tidak berwarna dan tidak berasa, air putih memiliki fungsi yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Air putih adalah jenis air biasa yang berwarna bening tidak memiliki rasa dan tak berbau, bisa diminum setelah dimasak maupun tanpa proses memasak. Tujuan utama memasak air minum adalah untuk membunuh dan membersihkan kuman, bakteri jahat penyebab penyakit yang merugikan tubuh.

Berapa banyak air putih yang harus saya minum setiap hari? Tahukah anda, saat duduk dan membaca tulisan ini tubuh anda kehilangan cairan? Jumlah minimal air putih yang harus dikonsumsi setiap hari adalah 8 gelas. Delapan gelas merupakan jumlah minimal (paling sedikit) dan anda bisa menambahkan jumlahnya sesuai kebutuhan masing-masing.

Manfaat air putih untuk kesehatan memang sangat banyak, air putih dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya atau mencegah terjadinya penyakit yang tidak diinginkan. Perlu diketahui tubuh kita terdiri lebih dari 70% cairan yang mana kebutuhan akan cairan sangat tinggi. Manfaat air dalam tubuh kita tentu tidak dapat digantikan oleh apapun. Cairan ini bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Air Putih merupakan minuman yang paling sehat dan tidak berbahaya karena dibutuhkan setiap hari oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan.
Ada manfaat minum air putih yang diperoleh tubuh, mulai dari menghilangkan racun, memperlancar pencernaan sampai mencegah timbulnya berbagai penyakit. Khasiat air putih bisa anda dapatkan dengan meminumnya secara teratur setiap hari. Mengkonsumsi air bening akan menjaga keadaan tubuh tetap sehat dan organ-organ di dalamnya bisa bekerja secara maksimal. Manfaat air putih sangatlah banyak, jika diuraikan satu per satu mungkin tidak akan ada habisnya. Manfaat yang langsung dirasakan mungkin hanya menghilangkan haus pada saat siang atau malam hari. Namun lebih dari itu, manfaat air putih dapat bertambah banyak dan memberikan dampak yang positif terhadap kebugaran tubuh kita.
Ini mungkin manfaat paling utama dari air putih yaitu penghilang haus, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika kita tidak minum air putih? Tentu akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan menyebabkan tubuh lemas. Minum banyak air putih akan menghilangkan dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Meskipun hanya sekedar minum air putih, tetapi manfaat yang ada dari mengkonsumsi air putih secara cukup setiap hari, ternyata membawa banyak manfaat. Manfaat air putih untuk tubuh manusia memang tidak perlu diragukan lagi, beberapa manfaat air putih secara tidak terduga ternyata memiliki peran vital terhadap keberlangsungan hidup manusia. Berikut ini beberapa manfaat mengkonsumsi air putih yang dikutip dari berbagai sumber:
1.  Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi dan Mulut. Di dalam rongga mulut terdapat air ludah atau air liur yang berfungsi self cleansing dan mengandung pertahanan rongga mulut serta membantu memelihara flora normal dalam rongga mulut. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup maka akan memelihara produksi air ludah/liur, sehingga setidaknya mengurangi resiko terkena penyakit gigi dan mulut walau pembersihan gigi adalah salah satu hal utama dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Untuk memelihara produksi dari air liur, sebaiknya Anda mengonsumsi air putih per hari yang cukup untuk mengurangi resiko terkena penyakit gigi dan juga mulut.
2.  Memperlancar Sistem Pencernaan. Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan seperti maag ataupun sembelit. Pembakaran kalori juga akan berjalan efisien.
3.  Memelihara Fungsi Ginjal. Air dalam tubuh merupakan media untuk mentransportasikan sisa atau limbah sisa metabolisme dalam tubuh untuk keluar  masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dieksresikan dalam bentuk urin. Ketika tubuh memiliki cukup air, urin akan mengalir bebas, jernih dan tidak berbau. Tetapi ketika tubuh tidak punya cukup air, konsentrasi urin, warna dan bau akan lebih terlihat karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Tak heran apabila Kita minum sedikit air, risiko mengalami batu ginjal akan meningkat terutama pada iklim hangat atau panas.
4.  Terapi Berbagai Penyakit. Air juga diyakini dapat ikut menyembuhkan penyakit jantung, rematik, kerusakan kulit, penyakit saluran papas, usus, dan penyakit kewanitaan. Bahkan saat ini cukup banyak pengobatan alternatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.
5.  Mengurangi Resiko Kanker. Terkait dengan sistem pencernaan, beberapa studi menunjukkan bahwa minum jumlah air yang sehat dapat mengurangi risiko kanker kandung kemih dan kanker usus besar. Air meleburkan konsentrasi gen penyebab kanker dalam urin dan memperpendek waktu virus di dalam kontak dengan lapisan kandung kemih.
6.  Meredakan Kelelahan. Jika tubuh Kita kekurangan air, organ-organ vital dalam tubuh perlu bekerja lebih keras, jantung misalnya, diperlukan kerja ekstra dari jantung untuk memompa keluar darah ke semua sel, begitu juga organ vital lainnya. Minum banyak air putih disamping akan memperlancar kerja organ-organ vital tubuh, juga sekaligus memelihara fungsi organ tersebut sehingga terhindar dari efek “kelelahan” kerja organ-organ vital tubuh kita.
7.  Obat Alami Untuk Sakit Kepala. Membantu meredakan sakit kepala dan rasa sakit yang kembali karena dehidrasi. Meskipun banyak penyebab sakit kepala, dehidrasi adalah akibat yang umum timbulnya sakit kepala.
8.  Mengurangi Rasa Kram dan Terkilir. Hidrasi yang tepat membantu menjaga sendi dan otot untuk dilumasi, sehingga kita cenderung tidak mudah terkena kram dan keseleo, terutama saat kita berolah raga.
9.  Perawatan Kecantikan Kulit. Apabila konsumsi  minum air kurang, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu, air putih dapat melindungi kulit dari pengaruh luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit. Untuk menjaga kecantikan pun, kebersihan tubuh pun harus benar-benar diperhatikan, ditambah lagi minum air putih 8-10 gelas sehari.
10. Menurunkan Berat Badan. Bagi yang ingin menguruskan badan pun, minum air putih hangat sebelum makan (sehingga merasa agak kenyang) merupakan satu cara untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk. Apalagi air tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak. Namun yang terbaik adalah minum air putih pada suhu sedang, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Untuk menurunkan berat badan, minumlah air putih pada waktunya dan anda akan kehilangan berat tubuh tanpa diet berlebih. Air dapat memisahkan rasa haus dan lapar sehingga anda tidak sering ‘ngemil’.
11. Produktivitas yang Lebih Baik di Tempat Kerja. Otak Kita sebagian besar terdiri dari air, sehingga minum air membantu berpikir lebih baik, lebih waspada dan lebih terkonsentrasi.
12. Membuat Suasana Hati Baik. Tubuh kita akan terasa baik karena fungsi kerja organ tubuh dan metobolisma berjalan baik, diri Kita merasa sehat, itulah mengapa kita merasa bahagia.
13. Melarutkan Makanan, vitamin dan mineral yang berguna dalam proses pencernaan dalam tubuh manusia.
14. Pelumas untuk Sendi. Terutama bagi anda yang banyak menghabiskan waktu dengan duduk di kursi, sehingga mencegah artritis dan nyeri punggung.
15. Membersihkan Racun. Air putih dapat membersihkan racun dari semua bagian tubuh kemudian membawanya ke hati dan ginjal untuk dibuang.
16. Dapat Membantu Mengurangi Stres. Juga rasa cemas, dan depresi yang sedang anda alami.
17. Menghaluskan Kulit. Juga membantu mengurangi efek penuaan dengan mempercepat proses pergantian sel kulit mati.
18. Memberikan Energi kepada Otak. Hal ini berkaitan dalam menjalankan fungsinya seperti berpikir, menerima respon mata dan memberi perintah pada bagian tubuh lain.
19. Membantu Mengencerkan Darah. Serta mencegah penggumpalan darah ketika beredar ke seluruh bagian tubuh.
20. Mencegah Masalah Impotensi. Hal ini karena dehidrasi dapat menghambat proses produksi hormon seks.
21. Membantu Mengurangi Mual. Terutama bagi ibu hamil, air putih berguna membantu mengurangi mual akibat kehamilan apabila diminum di pagi hari.
22. Membuang Racun dalam Tubuh. Air putih dapat membantu membuang racun-racun yang ada dalam tubuh melalui urin yang dikeluarkan. Untuk itulah sangat dianjurkan meminum air putih agar proses pembuangan racun dapat berjalan dengan lancar mengikuti metabolisma dalam tubuh.
23. Mencegah Penyakit Sembelit. Air putih juga sangat membantu dalam mencegah sembelit yang sering dialami oleh setiap orang dalam kaitannya dengan buang air besar (BAB). Minumlah air putih secara rutin/teratur agar masalah sembelit tidak akan dialami lagi.
24. Mempertahankan Berat Badan. Minum air putih bermanfaat pula untuk menjaga berat badan tetap stabil (normal). Ini dikarenakan air putih mampu menahan nafsu makan yang berlebihan. Jadi apabila mengalami kesulitan/masalah berat badan dapat memperoleh solusi dengan cara meminum air putih secara benar.
25. Menjadi Awet Muda. Air putih juga mampu membuat kulit kita lebih segar dan terlihat bugar sepanjang hari. Sehingga terlihat selalu tampak awet muda dan terhindar dari kulit kusam.
26. Memperbagus Tulang. Tahukan anda, ternyata air putih juga sangat baik untuk kesehatan tulang kita. Hal ini dikarenakan air putih membantu dalam pembentukan sel-sel tulang yang baru.
27. Mencegah Penyakit Batu Ginjal. Gangguan/penyakit batu ginjal sebenarnya disebabkan adanya penumpukan garam. Secara teori garam larut dalam air. Dengan memenuhi kebutuhan air dalam tubuh maka batu ginjal akan larut dan ikut keluar bersama air seni.
28. Mencegah Keriput Dini. Salah satu faktor terjadinya penuaan atau keriput dini adalah karena kulit terlalu kering (kekurangan cairan tubuh). Dengan minum air putih yang mencukupi kelembaban kulit akan selalu terjaga. Kelembaban tersebut dapat menjaga elastisitas/kelenturan kulit sehingga dapat terhindar dari keriput dini.
29. Menjaga ’Mood’ . Wanita yang mengalami dehidrasi akan merasa sakit kepala (pusing), kelelahan, suasana hati yang memburuk (badmood) dan kesulitan berkonsentrasi. Maka dari itu minum air putih sangat bermanfaat dan merupakan salah satu solusi bagi anda yang tidak ingin sering galau.
30. Memperlancar Sistem Pencernaan. Jika kebutuhan cairan dalam tubuh anda terpenuhi seacara otomatis anda akan terhindar dari konstipasi, karena cairan dalam dalam sebuah proses pencernaan selain membantu penyerapan nutrisi juga berfungsi untuk membentuk massa kotoran yang dikeluarkan (dalam bentuk padatan).
31. Lari menjadi Cepat dan Aman. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011. 14 pelari menyelesaikan 2 set putaran. Salah satu pelari minum air putih yang cukup selama istirahat. Satu pelari lainnya tidak minum selama istirahat. Ternyata pelari yang minum air selama istirahat dapat berlari lebih cepat. Selain itu ia memiliki suhu tubuh yang lebuih rendah dan jantung berdetak secara normal/sehat.
32. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Amerika Serikat, mereka mengungkapkan bahwa orang yang terbiasa meminum air putih sebanyak lebih dari 5 gelas dalam sehari mengalami penurunan resiko terkena penyakit jantung sebesar 41 persen.
33. Menyeimbangkan Sistem Getah Bening. Sistem yang satu ini sangat penting dalam tubuh karena berperan mengontrol daya tahan tubuh. Dan ternyata air putih mampu menjadi penyeimbang getah bening yang ada pada manusia, jika sistem ini bekerja normal maka tubuh mempunyai daya tahan tubuh yang kuat lebih melawan berbagai infeksi.
34. Menciptakan Pikiran Yang Lebih Positif. Menurut ilmu Sains, otak manusia sebesar 80% terdiri atas air, jadi jika Anda sering meminum air bisa membantu melancarkan pikiran Anda, juga menjadikan pikiran lebih positif.
35. Mampu Mengurangi Rasa Kram. Melakukan hidrasi dengan langkah yang tepat bisa membantu menjaga kekuatan sendi dan otot, sehingga otot Anda cenderung tidak mudah mengalami kram ataupun terkilir, terutama saat Anda sedang menjalani olahraga, seperti renang.
36. Merangsang Buang Air Besar. Menurut beberapa penelitian medis, pagi hari merupakan jam normal untuk buang air besar. Tapi apakah Anda sering merasa sulit untuk buang air besar? Bila ya, cobalah untuk memperbanyak minum air putih saat bangun tidur untuk merangsang keluarnya kotoran tersebut.
37. Mengeluarkan Racun dalam Tubuh. Air yang anda minum juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Ini akan memiliki efek yang lebih baik jika Anda minum air saat perut kosong.
38. Membuat anda Lapar di Pagi hari. Sarapan adalah makanan yang penting. Tapi masalahnya adalah, kadang-kadang anda tidak merasa lapar di pagi hari. Solusinya adalah minum air ketika anda bangun tidur, karena akan membuat anda lapar di pagi hari.
39. Mencegah Dehidrasi. Apakah anda sering mengeluh sakit kepala ketika bangun tidur? Ini mungkin merupakan tanda dari dehidrasi. Jadi segera minum air untuk meredakannya.
40. Membersihkan Usus. Anda juga perlu membersihkan usus. Dan cara yang paling efektif adalah dengan minum air sesegera mungkin di pagi hari.
41. Meningkatkan Sistem Metabolisma. Minum air, air terutama hangat di pagi hari bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme. Ini berarti bahwa tubuh anda memiliki kemampuan untuk menyerap dan mencerna makanan lebih cepat sehingga tidak menyebabkan kegemukan.
42. Merangsang Pertumbuhan Sel Darah Merah. Minum air pada waktu perut kosong dapat merangsang pertumbuhan sel-sel darah merah lebih cepat. Dampak positifnya, anda akan lebih bersemangat.
43. Membantu Menurunkan Berat Badan. Jika anda mencoba untuk menurunkan berat badan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah untuk minum banyak air di pagi hari. Karena selain lemak yang keluar, maka akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh.
44. Kulit Bersinar. Apakah anda tahu bahwa salah satu rahasia untuk memiliki kulit bersinar cerah adalah minum air? Hal ini terjadi karena proses detoksifikasi dapat membersihkan jerawat dan lemak lainnya dalam kulit.
45. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh. Minum air di pagi hari juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebagai hasilnya, anda akan terhindar dari berbagai penyakit menular.

Itulah manfaat minum air putih, terutama di pagi hari. Jadi, mulai sekarang biasakan minum air setelah bangun tidur agar anda dapat merasakan manfaat yang menakjubkan itu.

Rujukan: Medic Magic, suara.com; drg Onti, seputargigi.com; rohmatulloh.blogspot.com; akusehatku.com; manfaat.co.id

2 komentar:

  1. terima kasih tanggapannya.
    setuju sekali bahwa kita harus menerapkan pola hidup sehat melalui pola makan yang sehat

    BalasHapus
  2. Kami menjual aneka Kapur dengan harga terjangkau:
    - Kapur Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur CaCo3 /Kalsium Karbonat
    - Kapur pertanian /Kaptan .
    - Kapur Dolomite dll.

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :

    Bpk Asep 081281774186
    085793333234

    Jln. Padalarang - Bandung Barat.

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan.

    BalasHapus